Sunday, September 21, 2014

PEMBUKTIAN NILAI PERCEPATAN GRAVITASI BUMI (g) = 9,8 meter per sekon kuadrat

Posted by Fandi on Sunday, September 21, 2014 in | 13 comments
      Sebelum membuktikan nilai percepatan gravitasi bumi g = 9,8 m/s, terlebih dahulu mari kita lihat dua rumus yang akan kita gunakan sebagai dasar dasar membuktikan masalah ini. Kedua rumus yang juga termasuk hukum newton tersebut adalah Hukum Newton tentang gravitasi dan Hukum II Newton. Untuk lebih jelas tentang ke dua hukum tersebut, perhatikan uraian berikut :

1. Hukum Gravitasi Newton
berisi pernyataan sebagai berikut :
setiap benda menarik benda lain dengan gaya sebanding dengan perkalian massa-massanya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak yang memisahkan kedua benda
Di rumuskan sebagai berikut :
Keterangan :
F      = gaya tarik antara kedua benda
G     = konstanta gravitasi universal
m1    = massa benda 1
m2    = massa benda 2
r       = jarak kedua benda
2. Hukum II Newton tentang gerak
berisi pernyataan sebagai berikut :
Besarnya percepatan yang dialami benda berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massanya. Arah percepatan sama dengan arah gaya total yang bekerja pada benda
Di rumuskan sebagai berikut :
Keterangan :
F   = gaya total
G  = konstanta gravitasi universal
m  = massa benda
a   = percepatan yang dialami benda


Karena a merupakan percepatan, berarti dalam kasus di atas dapat diartikan :
Dengan g adalah percepatan gravitasi bumi.
Selanjutnya dalam mencari nilai g kita akan mengaplikasikan rumus di atas dengan menggunakan nilai tetapan-tetapan dari bumi, lebih jelasnya sebagai berikut :
bagi yang ingin mendownload "PEMBUKTIAN NILAI PERCEPATAN GRAVITASI BUMI (g) = 9,8 meter per sekon kuadrat" dalam tipe file PDF silahkan klik link dibawah ini :

(setelah melihat foto-foto ini, mungkin kamu akan tergoda untuk pindah kedesa)


bagi yang ingin mendownload "PEMBUKTIAN NILAI PERCEPATAN GRAVITASI BUMI (g) = 9,8 meter per sekon kuadrat" dalam tipe file PDF silahkan klik link dibawah ini :

13 comments:

  1. Bgaimana cara membuktikan rumus gravitasi

    ReplyDelete
  2. dari mana dapat nilai r nya itu mas???

    ReplyDelete
  3. massa yg persamaan F=m.a itu kan massa benda yg ada d bumi..kok dihilanginnya sama massa benda yg ada dluar bumi pada persamaan F=G.M.m/r^2 ???
    tetapan tetapannya dapat dari mana??

    ReplyDelete
  4. Bagaimama cara Archimedes mengetahui percepatan gravitasi sedang percepatan gravitasi ini didapat pada masa Newton? Apakah percepatan gravitasi Archimedes berbeda dengan percepatan gravitasi Newton?

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Penganut Bumi datar otak datar

      Delete
    2. Apa yang lu pahami tentang bumi bulat dari mana lu tau kalo bumi itu bulat? Paling cuma liat di tv belajar di sklh klo ini bentuknya bulat tanpa ada fakta kuat yang bisa membuktikan kalo bumi itu bulat liat sj sekarang di jaman moderen yang seharusnya lebih banyak astronot ke bulan tapi malah kabar astronot menghilang tdk prnh muncul. Klo lu bsa selidiki apa benar bumi itu bulat pke otak bulat lu, lu bakal tau dimana kesalahnnya!

      Delete
    3. Kayaknya otak anda datar wkwk

      Delete
  6. itu kalo bumi bulat ada r kuadrat kalo datar piye?

    ReplyDelete