Friday, January 03, 2014

Sejarah Kalender Masehi

Posted by Fandi on Friday, January 03, 2014 in | 2 comments




     Kalender masehi adalah salah satu sistem penanggalan yang dibuat berdasarkan pada revolusi bumi (syamsiah solar system). Penanggalan masehi dimulai sejak kelahiran Nabi Isa Almasih as sehingga disebut dengan masehi atau masihi. Kalender masehi biasa juga disebut dengan kalender milladiah (kelahiran). Pada umat kristiani kata masehi digunakan untuk menetapkan hari kelahiran Yesus yang dalam Bahasa latin disebut Anno Domini (AD) yang berarti “Tahun Tuhan Kita” atau “Common Era”/CE (Era Umum) untuk era masehi dan “Before Christ/BC” (sebelu <kelahiran kristus>) atau Before Common Era/BCE” (Sebelum Era Umum).
    Kalender masehi bermula saat biarawan Katolik, Dionius Exoguus pada tahun 527 M ditugaskan pimpinan gereja untuk membuat perhitungan tahun dengan titik tolak tahun kelahiran Nabi Isa as. Tujuan mula-mula dari perhitungan ini adalah untuk menghitung tanggal paskah (Computus).
    Awalnya perhitungan hari romawi tersebut hanya terbagi dalam sepuluh bulan saja (tanpa Januari dan Februari). Pemberian nama bulan dalam kalender masehi terkait dengan nama dewa bangsa romawi. Nama ke-10 bulan tersebut dan artinya adalah sebagai berikut:
- - Bulan Martius mengambil nama Dewa Mars (31 hari)
- - bulan Maius mengambil nama Dewa Maia (30 hari)
- - bulan Junius mengambil nama Dewa Juno (31 hari)
- - Aprilis diambil dari kata Aperiri, sebutan untuk cuaca yang nyaman di dalam musim semi (30 hari)
- - Quintrilis berarti bulan di urutan ke lima (31 hari)
- - Sextrilis berarti bulan di urutan ke enam (30 hari)
- - Septalis berarti bulan di urutan ke tujuh (31 hari)
- - Octolis berarti bulan di urutan ke delapan (30 hari)
- - Novelis berarti bulan di urutan ke Sembilan (31 hari)
- - Decemberis berarti bulan di urutan kesepuluh

     Penanggalan yang semula hanya terdiri dari sepuluh bulan berkembang menjadi 12 bulan. Tambahan dua bulan tersebut di beri nama Januarius dan Februarius. Januarius diambil dari nama dewa janus. Dewa Janus berwajah dua menghadap kemuka dan belakang sehingga dapat melihat masa lalu dan masa depan. Oleh karena itu Januarius ditetapkan sebagai bulan pertama. Sedangkan Februarius diambil dari kata Februa yang merupakan upacara semacam bersih kampung untuk menyambut kedatangan musim semi. Dengan ini Februarius jadi bulan yang kedua.
    Sayangnya keadaanya kemudian agak kacau, para pengamat perbintangan yang memperhatikan gerak matahari, bulan dan konstelasi menjadi tidak sinkron dengan perhitungan kalender dan perayaan keagamaan menjadi rancu dan tidak tetap di tiap tahunnya. Jadi, ditambahkan lagi bulan baru yaitu bulan ke-13 yang disebut Marcedonius yang jumlahnya 27 hari. Itu berarti jumlah hari dalam 1 tahun menjadi 378 hari. Tahun ini disisipkan setiap 2 tahun sekali ,hal ini menyebabkan rata-rata hari dalam 1 tahun adalah 366 hari dan itu sama seperti 1 tahun solar year.
    Penyisipan bulan tersebut diperintahkan oleh Pontifex Maximus, itu karena seringnya terjadi penyalah gunaan hak-hak dalam politik romawi. Penambahan bulan ini berakibat pada perpanjangan masa jabatan seorang consul dan kemudian 4 tahun berikutnya tidak ada penambahan, maka hal ini sering membuat kacau perhitungan gaji dan juga masa jabatan seseorang.
    Saat Julius Caesar berkuasa, ia menerima anjuran para ahli perbintangan Mesir untuk memperpanjang tahun 46 SM menjadi 445 hari dengan menambah 23 hari pada bulan Februarius dan menambah 67 hari antara bulan November dan December. Setelah kembali ke Roma, Julis Caesar mengeluarkan maklumat penting dan berpengaruh luas hinga kini yakni penggunaan sistem matahari dalam sistem penanggalan seperti yang dipelajarinya dari Mesir.
    Keputusannya kala itu, setahun berumur 365 hari karena beralasan, bumi mengelilingi matahari selama 365,25 hari. Kedua setiap 4 tahun sekali, umur tahun tidak 365 hari, tapi 366 hari, disebut tahun kabisat. Tahun kabisat ini sebagai penampungan kelebihan 6 jam setiap tahun yang dalam 4 tahun menjadi 4×6=24 jam atau 1 hari.
   Untuk menghargai jasa Julius Caesar dalam melakukan penyempurnaan penanggalan itu, maka penanggalan tersebut disebut penanggalan Julian. Dengan menganti nama bulan ke-5 yang semula Quintilis menjadi Julio, yang kita kenal sebagai bulan Juli.
   Waktu terus berjalan, rupanya penanggalan Julian juga memperlihatkan kemelesetan juga. Apabila pada zaman Julis Caesar jatuhnya musim semi mundur hampir 3 bulan, kini musim semi justru dirasakan maju beberapa hari dari patokan.
    Guna meluruskan kemelesetan, Paus Gregious XIII pimpinan Gereja Katolik di Roma pada tahun 1582 mengoreksi dan mengeluarkan sebuah keputusan. Pertama, angka tahun pada abad pergantian, yakni angka tahun yang diakhiri 2 nol, yang tidak habis dibagi 400, misal 1700, 1800 dsb, bukan lagi sebagai tahun kabisat (catatan: jadi tahun 2000 yang habis dibagi 400 adalah tahun kabisat)
    Kedua untuk mengatasi keadaan darurat pada tahun 1582 itu diadakan pengurangan sebanyak 10 hari jatuh pada bulan October, pada bulan Oktober 1582 itu, setelah tanggal 4 Oktober langsung ke tanggal 14 Oktober pada tahun 1582 itu.
    Ketiga sebagai pembaharu terakhir Paus Regious XIII menetapkan 1 Januari sebagai tahun baru lagi. Berarti pada perhitungan rahib Katolik, Dionisius Exoguus tergusur. Tahun baru bukan lagi 25 Maret seiring dengan pengertian Nabi Isa. as (Yesus) lahir pada tanggal 25, dan permulaan musim semi pada bulan Maret.
    Bulan ke delapan yang semula bernama Sextilis diubah menjadi Augustus untuk menghormati pengganti kaisar Julius yang bernama kaisar Augustus. Karena Kaisar Augustus tidak mau jika bulan yang sama dengan namanya memiliki jumlah hari lebih sedikit dari bulan Julius, maka dia mengambil satu hari dari bulan Februari dan menyebabkan bulan Augustus menjadi 31 dan Februarius menjadi 29. 


Yang ingin mendownload artikel di atas silahkan klik DISINI

2 comments:

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/minuman-paling-membosankan-jadi-rahasia.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/ledakan-kembang-api-malam-natal-lukai.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/aktivis-telanjang-dada-rebut-patung.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2a
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM

    ReplyDelete