Monday, June 01, 2015

Geometri Euklides

Posted by muhammad rifandi on Monday, June 01, 2015 in | No comments

Pertanyaan dari (Facebook) : Haryati _____

Assalamualaikum
Bgaimana cr na mmbuktikan 2 ttik mmbentuk 1 garis?

Jawaban :

Walaikumsalam,,
     Sebelum menjawab pertanyaan di atas, saya terlebih dahulu akan menjelaskan sedikit tentang Geometri Euklides. Geometri euklides adalah sebuah geometri klasik yang diperkenalkan oleh matematikawan yunani kuno yaitu Euklides sekitar tahun 300 SM. Geometri euklides terkenal dengan 5 postulatnya yang berbunyi :
  1. Setiap 2 titik dapat digabungkan oleh 1 garis lurus
  2. Setiap garis lurus dapat diperpanjang sampai tak terhingga panjangnya dengan garis lurus
  3. Diberikandiberikan setiap segmen garis lurus, sebuah lingkaran dapat digambar memiliki segmen ini sebagai jari-jari dan 1 titik ujung sebagai pusat
  4. Semua sudut siku sama antara satu dengan yang lain
  5. Jika sebuah garis lurus memotong sepasang garis lurus lain, maka jumlah dua sudut dalam pada satu sisi kurang dari dua kali sudut siku (180 derajat). Pasangan garis itu akan bertemu satu sama lain jika jika diperpanjang lagi.
     Dari ke 5 postulat pada penjelasan di atas, pada postulat nomor 1 mengatakan bahwa “Setiap 2 titik dapat digabungkan oleh 1 garis lurus”. Mungkin sudah kita ketahui sebelumnya bahwa postulat tidak perlu dibuktikan. Sebagaimana defenisi postulat yang terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia yang menyatakan bahwa postulat adalah asumsi yang menjadi pangkal dalil yang dianggap benar tanpa perlu membuktikannya. Sebagaimana asumsi lainnya, maka postulat bisa benar bisa juga salah. Namun, postulat merupakan pernyataan yang bisa dianggap benar tanpa harus di uji ataupun dibuktikan , kecuali ada yang dapat membuktikannya bahwa postulat tersebut salah. Oleh karena itu, karena pernyataan “Setiap 2 titik dapat digabungkan oleh 1 garis lurus” adalah sebuah postulat yang memang dapat diterima oleh akal fikiran, maka selama tidak ada yang membantahnya dan tidak ada yang bisa membuktikan bahwa pernyataan itu salah, maka pernyataan tersebut benar tanpa harus dibuktikan.

Semoga menjawab pertanyaan saudari dan semoga bermanfaat,,, 

Wassalam,,

0 komentar:

Post a Comment